KELAS XII

SK : Menjelaskan sifat- sifat koligatif larutan non-elektrolit dan elektrolit
KD : Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis termasuk sifat koligatif larutan
Indikator
– Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan dan fraksi mol)
– Menjelaskan pengertian sifat koligatif larutan non elektrolit (hukum Raoult) dan larutan elektrolit
– Menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut
– Menghitung tekanan uap larutan berdasarkan data percobaan
– Menjelaskan penurunan titik beku suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut melalui data percobaan
– Menghitung penurunan titik beku larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data percobaan
– Menjelaskan kenaikan titik didih suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut melalui data percobaan
– Menghitung kenaikan titik didih larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data percobaan
– Menganalisis diagram PT untuk menafsirkan penurunan tekanan uap, penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan
– Menjelaskan pengertian osmosis dan tekanan osmosis serta terapannya
– Menghitung tekanan osmosis larutan elektrolit dan non elektrolit
=== (5xpertemuan) ===

SK : Menjelaskan sifat- sifat koligatif larutan non-elektrolit dan elektrolit
KD : Membandingkan antara sifat koligatif larutan non elektrolit dengan sifat koligatif larutan elektrolit yang konsentrasinya sama berdasarkan data percobaan
Indikator
– Menganalisis data percobaan untuk membandingkan sifat koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit
– Menjelaskan perbedaan sifat koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan hasil percobaan
=== (2xpertemuan) ===

SK : Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari
KD : Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dalam sistem elektrokimia yang melibatkan energi listrik dan kegunaannya dalam mencegah korosi dan dalam industri
Indikator
– Menyetarakan reaksi redoks dengan cara setengah reaksi (ion elektron)
– Menyetarakan reaksi redoks dengan cara perubahan bilangan oksidasi (PBO)
– Menyimpulkan ciri-ciri reaksi redoks yang berlangsung secara spontan melalui percobaan
– Menggambarkan susunan sel Volta atau sel Galvani dan menjelaskan fungsi tiap bagiannya
– Menjelaskan bagaimana energi listrik dihasilkan dari reaksi redoks dalam sel Volta
– Menuliskan lambang sel dan reaksi-reaksi yang terjadi pada sel Volta
– Menghitung potensial sel berdasarkan data potensial standar
– Menjelaskan prinsip kerja sel Volta yang banyak digunakan dalam kehidupan (baterai, aki dll)
=== (5xpertemuan) ===

SK : Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari
KD : Menjelaskan reaksi oksidasi-reduksi dalam sel elektrolisis
Indikator
– Mengamati reaksi yang terjadi di anoda dan katoda pada reaksi elektrolisis melalui percobaan
– Menuliskan reaksi yang terjadi di anoda dan katoda pada larutan atau cairan dengan elektroda aktif ataupun elektroda inert
– Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi melalui percobaan
– Menjelaskan beberapa cara untuk mencegah terjadinya korosi
=== (3xpertemuan) ===

SK : Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari
KD : Menerapkan hukum Faraday untuk elektrolisis larutan elektrolit
Indikator
– Menerapkan konsep hukum Faraday dalam perhitungan sel elektrolisis
– Menuliskan reaksi elektrolisis pada penyepuhan dan pemurnian suatu logam
– Menentukan jumlah logam yang terelektrolisis
– Menentukan jumlah logam yang terelektrolisis jika dua larutan dielektrolisis dengan rangkaian seri
=== (3xpertemuan) ===

SK : Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya di alam
KD : Mengidentifikasi kelimpahan unsur-unsur utama dan transisi di alam dan produk yang mengandung unsur tersebut
Indikator
– Mengidentifikasi keberadaan unsur-unsur yang ada di alam (gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen)
– Mengidentifikasi produk-produk yang mengandung zat tersebut
=== (3xpertemuan) ===

SK : Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya di alam
KD : Mendeskripsikan kecenderungan sifat fisik dan kimia unsur utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya)
Indikator
– Mengidentifikasi sifat-sifat fisik unsur utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan, dan sifat khusus lainnya)
– Mengidentifikasi sifat-sifat kimia (kereaktifan, kelarutan) melalui data percobaan
– Mengidentifikasi daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida melalui percobaan
– Mengidentifikasi reaksi nyala senyawa logam (terutama alkali dan alkali tanah) melalui percobaan
– Mengidentifikasi keteraturan sifat fisik dan sifat kimia unsur-unsur periode ke tiga melalui data percobaan
– Menjelaskan pengertian kesadahan air
– Menjelaskan cara menghilangkan kesadahan air melalui percobaan
=== (4xpertemuan) ===

SK : Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya di alam
KD : Menjelaskan manfaat, dampak dan proses pembuatan unsur-unsur dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator
– Menjelaskan manfaat dan dampak unsur-unsur (seperti gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen) serta senyawanya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
– Menjelaskan pembuatan unsur dan senyawanya di laboratorium dan industri
– Menentukan komposisi unsur dalam pupuk
=== (2xpertemuan) ===

SK : Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya di alam
KD : Mendeskripsikan unsur-unsur radioaktif dari segi sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia, kegunaan, dan bahayanya
Indikator
– Mendeskripsikan penemuan sinar radioaktif
– Mengidentifikasi sifat-sifat sinar radioaktif
– Menuliskan persamaan reaksi inti
– Mendeskripsikan kegunaan unsur-unsur radioaktif
– Mendeskripsikan bahaya unsur-unsur radioaktif
=== (2xpertemuan) ===

SK : Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan makromolekul
KD : Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, alkanoat, dan alkil alkanoat)
Indikator
– Mengidentifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
– Menuliskan struktur dan nama senyawa karbon berdasarkan gugus fungsinya.
– Menentukan isomer-isomer senyawa karbon.
– Menjelaskan sifat fisik senyawa karbon.
– Mengidentifikasi alkohol, aldehid dan keton dengan pereaksi khusus.
– Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon
=== (5xpertemuan) ===

SK : Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan makromolekul
KD : Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, dan kegunaan benzena dan turunannya
Indikator
– Menuliskan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya.
– Menjelaskan reaksi substitusi atom H pada cincin benzena
– Menjelaskan pengertian ortho, meta dan para.
– Mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya
– Mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari
=== (4xpertemuan) ===

SK : Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan makromolekul
KD : Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein)
Indikator
– Mengidentifikasi polimer alam dan polimer sintetik (karet, karbohidrat, protein, plastik)
– Menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia polimer
– Menuliskan reaksi pembentukan polimer (adisi dan kondensasi) dari monomernya
– Mendeskripsikan kegunaan polimer dan mewaspadai dampaknya terhadap lingkungan
– Menggolongkan monosakarida menjadi aldosa dan ketosa.
– Menjelaskan reaksi hidrolisis disakarida dan polisakarida dengan bantuan enzim.
– Mengidentifikasi karbohidrat dengan reagen
– Menuliskan rumus struktur asam amino esensial
– Menentukan gugus peptida pada protein.
=== (4xpertemuan) ===

SK : Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan makromolekul
KD : Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak
Indikator
– Mengidentifikasi perbedaan lemak dan minyak
– Menuliskan rumus struktur dan nama lemak dan minyak
– Menggolongkan lemak berdasarkan kejenuhan ikatannya
– Mengamati dan menguraikan sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak
– Mendeskripsikan fungsi dan peran lemak dan minyak dalam kehidupan
=== (3xpertemuan) ==

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s