KELAS XII

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

MATA PELAJARAN KIMIA SMA

 

KELAS : XII/ 1

 

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTAKE SISWA KKM
1.1     Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis termasuk sifat koligatif larutan

  • Menjelaskan arti kemolalan dan fraksi mol serta penggunaannya.
  • Menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut.
  • Menjelaskan hubungan penurunan tekanan uap dengan fraksi mol zat terlarut.
  • Mengamati penurunan titik beku dan kenaikan titik didih suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut.
  • Menafsirkan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, dan penurunan titik beku larutan melalui diagram PT.
  • Menjelaskan pengertian osmosis dan tekanan osmotik dan terapannya.
 

 

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Tinggi

(60)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

 

 

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

 

 

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

 

 

 

65

 

65

 

63.3

 

65

 

65

 

 

65

1.2   Membandingkan antara sifat koligatif larutan non elektrolit dengan sifat koligatif larutan elektrolit yang konsentrasinya sama berdasarkan data percobaan

 

  • Menemukan hubungan jumlah partikel zat terlarut dengan sifat koligatif larutan elektrolit encer dan non elektrolit berdasarkan data.
  • Menyimpulkan perbedaan sifat koligatif larutan elektrolit dengan sifat koligatif larutan non elektrolit.
 

 

 

 

(65)

 

 

(65)

 

 

 

 

 

(65)

 

 

(65)

 

 

 

 

 

(63)

 

 

(63)

 

 

 

64

 

64.3

 

64.3

2.1   Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dalam sistem elektrokimia yang melibatkan energi listrik dan kegunaannya dalam mencegah korosi dan dalam industri

 

  • Menyetarakan persamaan reaksi redoks dengan cara bilangan oksidasi
  • Menyetarakan persamaan reaksi redoks dengan cara setengah reaksi (ion elektron).
  • Menyimpulkan ciri reaksi redoks yang berlangsung spontan berdasarkan hasil pengamatan.
  • Menggambarkan susunan sel volta atau sel galvani dan menjelaskan fungsi tiap bagiannya.
  • Menuliskan lambang sel dari reaksi-reaksi yang terjadi pada sel volta.
  • Menghitung potensial sel berdasarkan data potensial standar dan membandingkan hasil pengukuran dengan hasil perhitungan.
  • Menjelaskan bagaimana energi listrik dihasilkan dari reaksi redoks dalam sel volta.
  • Menjelaskan prinsip sel-sel volta yang banyak digunakan  dalam kehidupan.
  • Menyimpulkan beberapa gejala korosi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan
  • Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi berdasarkan hasil percobaan.
 

 

 

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

 

 

 

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

 

 

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

 

 

 

 

65

 

65

 

 

65

 

 

65

 

 

65

 

65

 

 

65

 

 

65

 

 

65

 

65

2.2    Menjelaskan reaksi oksidasi-reduksi dalam sel elektrolisis

 

  • Merancang dan melakukan percobaan tentang sel elektrolisis.
  • Menuliskan reaksi yang terjadi pada katoda dan anoda dari elektroda suatu larutan/cairan.
 

 

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

 

 

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

 

 

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

 

 

 

65

 

 

65

2,3  Menerapkan hukum Faraday untuk elektrolisis larutan elektrolit

  • Menerapkan konsep hukum Faraday dalam perhitungan sel elektrolisis.
  • Menuliskan reaksi elektrolisis pada penyepuhan dan pemurnian suatu logam.

 

 

 

 

 

(60)

 

(65)

 

 

 

 

 

(65)

 

(65)

 

 

 

 

 

(63)

 

(63)

 

 

 

64

 

62.6

 

64.3

3.1  Mengidentifikasi kelimpahan unsur-unsur utama dan transisi di alam dan produk yang mengandung unsur tersebut

 

  • Mengidentifikasi keberadaan unsur-unsur yang ada di alam terutama di Indonesia.
  • Mengidentifikasi produk-produk yang mengandung unsur tersebut.
 

 

 

 

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

 

 

 

 

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

 

 

 

 

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

 

 

 

 

 

65

 

 

65

 

3.2   Mendeskripsikan kecenderungan sifat fisik dan kimia unsur utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna,  kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya)

 

  • Menguraikan sifat-sifat fisis unsur antara lain jari-jari, titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, dan sifat khusus lainnya.
  • Menguraikan sifat-sifat kimia unsur baik melalui percobaan atau diskusi misalnya: kereaktifan, kelarutan, dan sifat khusus lainnya.
  • Merancang dan melakukan percobaan tentang daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida.
  • Melakukan percobaan reaksi iodida dengan yodat.
  • Melakukan percobaan penentuan kadar zat dalam bahan ( misal NaClO dalam pemutih)
  • Melakukan percobaan reaksi nyala senyawa logam alkali dan alkali tanah dan mengidentifikasi warna nyalanya.
  • Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan keteraturan sifat unsur periode ke-tiga.
  • Mengidentifikasi sifat-sifat fisik,sifat kimia unsur-unsur pereode keempat
  • Menjelaskan pengertian air sadah dan kerugian yang ditimbulkannya.
  • Menghilangkan kesadahan air dengan melakukan eksperimen baik kesadahan sementara maupun kesadahan tetap.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sedang

(65)

 

 

Sedang

(65)

 

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

 

 

 

 

 

 

 

Sedang

(65)

 

 

Sedang

(65)

 

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sedang

(65)

 

 

Sedang

(65)

 

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

 
3.3   Menjelaskan manfaat, dampak dan proses pembuatan unsur-unsur dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari

 

  • Menjelaskan manfaat dan dampaknya unsur-unsur aluminium, karbon, nitrogen, oksigen, belerang, silikon, besi, kromium, tembaga, dan lain-lain serta senyawanya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
  • Menjelaskan pembuatan unsur dan senyawa di laboratorium dan industri (misalnya H2SO4, N2, Fe,  Al, NH3 dan O2)
  • Menentukan komposisi unsur dalam pupuk
 

 

 

 

 

 

Sedang

(65)

 

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

 

 

 

 

 

 

Sedang

(65)

 

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

 

 

 

 

 

 

Sedang

(65)

 

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

 
3.4  Mendeskripsikan unsur-unsur radioaktif dari segi sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia , kegunaan,dan bahayanya

  • Mendeskripsikan penemuan unsur radioaktif
  • Mengidentifikasi sifat-sifat unsur radioaktif
  • Menentukan pita kestabilan inti
  • Menuliskan persamaan reaksi inti
  • Mendeskripsikan kegunaan unsur-unsur radioaktif
  • Mendeskripsikan bahaya unsur-unsur radioaktif
 

 

 

 

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

 

 

 

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

 

 

 

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KELAS : XII/2

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTAKE SISWA KKM
4.1   Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat)

 

  • Menuliskan struktur dan nama senyawa karbon berdasarkan gugus fungsinya.

 

  • Menentukan isomer senyawa karbon.

 

  • Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.

 

  • Menjelaskan sifat fisis dan sifat kimia senyawa karbon melalui tes identifikasi.
 

 

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

 

 

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

 

 

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

 

 

 

65

 

 

65

 

65

 

 

65

4.2   Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, dan kegunaan benzena dan turunannya

 

  • Menjelaskan rumus struktur benzena dan membuktikan setiap atom C pada cincin benzena fungsinya sama.
  • Menjelaskan reaksi substitusi atom H pada cincin benzena dan pengertian ortho, meta, dan para.
  • Menjelaskan sifat kimia dan sifat fisika benzena dan turunannya
  • Menjelaskan kegunaan benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari, seperti fenol, anilin, BHC, TNT, aspirin, dan zat warna (azo) serta dampaknya.

 

 

 

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

 

 

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

 

 

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

 

 

 

65

 

 

65

 

 

65

 

65

4.3   Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein)

 

  • Menjelaskan pengertian polimer, baik polimer alam maupun polimer sintetis.
  • Menjelaskan pembentukan polimer berdasarkan asal dan jenis monomer pembentuknya melalui  reaksi polimerisasi (plastik, protein, karbohidrat).
  • Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi protein dalam makanan (uji biuret, xantoprotein).
  • Menjelaskan sifat fisis dan sifat kimia polimer.
  • Menggolongkan monosakarida  menjadi  aldosa dan ketosa berdasarkan jenis gugus karbonil yang dimilikinya dan menuliskan rumus struktur serta tata namanya.
  • Menjelaskan reaksi hidrolisis disakarida dan polisakarida dengan enzim tertentu.
  • Menjelaskan kegunaan polimer dalam kehidupan sehari-hari dan pentingnya mewaspadai dampaknya terhadap lingkungan.
 

 

 

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

 

 

 

 

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

 

 

 

 

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

Sedang

(65)

 

 

 

 

 

 

65

 

 

65

 

 

65

 

 

65

 

65

 

 

65

 

 

65

4.4   Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak

 

  • Menuliskan rumus struktur dan tata nama lemak dan minyak.
  • Mengklasifikasi lemak berdasarkan kejenuhan ikatan.
  • Mengamati dan menguraikan sifat fisis dan sifat kimia lemak dan minyak.
  • Menguraikan fungsi dan peran lemak dan minyak dalam kehidupan.
 

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

 

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

 

 

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

Sedang

(65)

 

 

 

65

 

65

 

65

 

65

 

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s